Kamis, 15 Desember 2011

tempat pensil dari botol plastik bekas,,

Hai,, hai,,
sudah lama nih nggak posting tentang tutorial recycling,,
tutorial kali ini masih menggunakan botol plastik bekas,, mudah mencari dan mengolahnya,, hehehe,,,

beberapa saat yang lalu, saya mengajarkan cara membuat dompet [bisa juga tempat pensil] ini pada murid  kelas VII untuk kelas kriya,,
senang rasanya melihat anak-anak antusias mengikuti kelas dan puas saat karya mereka sudah jadi,,
rasanya seperti punya workshop sendiri,, ahahaha,, [mupeng sama temen-temen yang suka bikin workshop *colek mbak puri dan mbak dita]

alat dan bahan yang perlu disiapkan cukup sederhana, antara lain:
1. 2 botol plastik ukuran 1.5 liter, 1 liter, atau 660 ml,, [tergantung keinginan sih]
2. cutter dan gunting
3. spidol besar
4. resleting berwarna, ukuran 30 - 40 cm
5. lem tembak atau lem UHU
6. hiasan [ini juga tergantung keinginan]

*sebagai catatan, saya hanya menjelaskan cara membuat dasarnya saja
     yang saya gunakan: botol fanta ukuran 1 liter dan resleting biru ukuran 40 cm,,
 
Pertama, beri tanda atau pola menggunakan spidol hitam pada badan benda,,
bila ingin membuat dompet, sebaiknya ukuran botol sama-sama pendek,,
untuk tempat pensil, sebaiknya salah satu berukuran lebih panjang dari yang lain seperti milik saya,,

ukuran panjang untuk bagian bawah, sedang yang pendek untuk tutupnya,,

kemudian potong botol sesuai pola menggunakan cutter dan rapikan dengan gunting,,


Lem resleting pada bagian luar botol, dari arah pangkal resleting,,
lem dulu bagian bawah sampai seperempat area,, bila sudah, lem bagian atas sampai menutup seluruh tepi botol,,
untuk diperhatikan ya, ketika mengelem, jangan sampai rel resleting ikut kena lem, jadi beri jarak rel resleting dengan tepi botol,,


Bila seluruh tepi suda tertutup resleting, pasti akan menyisakan ujung resleting beberapa centi,, sisa itu bisa dipotong atau dibentuk-bentuk sebagai hiasan,,

 sisa resleting saya bentuk bunga seperti ini,,

tempat pensil yang sukses pasti resletingnya bisa dibuka tutup dengan lancar,, ahahaha,,,


mudah kan?!?
coba ya ehehe,,
saya mengajarkan ini pada murid saya, kemudian mereka bebas menghiasnya,,
nanti saya publish foto-foto karya mereka,,

happy recycling!!! ^^

p.s.: jangan lupa berkunjung dan like fanspage-nya asimetris ya :)

20 komentar:

  1. nice tutorial.. sudah lama saya pengen tau cara bikin ini. hehehe saya cuma liat di blog lain tapi cuma gambar doang. ikut buat juga deh. :D

    BalasHapus
  2. makasii,,
    iya, ikut buat ya,, nanti kalo udah jadi publish fotonya,, saya pengen tau,, ehehehe,,

    BalasHapus
  3. maksudnya resleting berwarna ukuran 30-40 liter itu apa ya? resleting literan? ga paham saya?

    BalasHapus
  4. wah,, makasii koreksinya,mbak ririe,, maksudnya itu '30-40 cm' ahahaha,, jadi malu,, :p

    BalasHapus
  5. kereeenn!!
    harus dicoba nih!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba ya,, dicoba ya,, hehehe,,
      jangan lupa share hasilnya,,
      smangat mencoba,mbak!!!

      Hapus
  6. hebatt.. lucuu!
    buat ujian praktek bagus kayanya :)
    tapi hiasan luarnya itu pake bahan apa? Bisa tolong dijelasin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasii,mbak,
      hiasannya bisa pake kain flanel/felt, benang, manik2, dicat juga bisa,, ini ada beberapa karya murid saya,mbak tia,

      http://weareasimetris.blogspot.com/2012/03/tempat-pensil-dari-botol-plastik-bekas_04.html

      smoga bisa menginspirasi ya,, :)
      nanti share hasilnya ya,, makasii,,

      Hapus
  7. terimakasih tutorialnya, bisa buat ide untuk ujian praktek anak saya... thanks ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasih, mbak Astin,,
      semoga bisa membantu,,
      kalo berkenan, share foto hasilnya ya,, makasii :)

      Hapus
  8. Ikut coba juga ahhh... Eh mba Sari ternyata resletingnya cukup ditempel pakai lem tembak aja sudah kuat ya mba *baru tau*

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di lem aja kok, mbak,, asal ngelemnya rata,, sebenernya cara ini saya lakukan untuk memudahkan murid saya yang lebih bisa mengelem daripada menjahit,, hehehe,,,
      selamat mencoba,, nanti di share hasilnya y :)

      Hapus
  9. kalo botolnya kotak bisa kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, mbak,, perna dicoba pake botol pocari :)

      Hapus
  10. lumayan buat tugas PLH hehehe makasih yaa turtorialnya

    BalasHapus
  11. min,dikasih hiasan apa yah??? tolong buat idenya... makasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, mas Harits,,
      hiasannya bisa dari flanel, manik-manik, kain dll,, di link ini ada beberapa contoh karya yg sudah dihias :)

      http://weareasimetris.blogspot.com/2012/03/tempat-pensil-dari-botol-plastik-bekas_04.html

      semoga menginspirasi :)

      Hapus

setelah baca, jangan lupa kritik dan saran ya,, senang membaca komentarmu :)