Selasa, 05 Februari 2013

Kabar Gembira di Awal Februari [ #1: Kelas Inspirasi 2]


siang, semuaaaa,,

meski ini kabar yang telat untuk dikabarkan, tapi saya tetap semangat untuk berbagi kebahagiaan ini ehehehe,,

ceritanya dimulai dari sekitar tanggal 25 Januari pagi,, seperti pagi biasanya, saya cek twitter dari hp,, sebuah postingan tentang #KelasInspirasi mengingatkan saya pada postingan seorang teman di facebook tentang undangan Anies Baswedan yangan berisi ajakan untuk mengikuti #KelasInspirasi, yang waktu itu hanya saya baca sekilas,, karena penasaran saya buka TL-nya, saya coba pahami apa itu #KelasInspirasi, tertarik, ingin daftar, tapi uuugh,, pendaftaran suda ditutup, saya terus baca hingga menemukan sebuah tweet yang mengatakan pendaftaran #KelasInspirasi di Yogyakarta masih diperpanjang, wuaaaa,, akhirnya saya buka akun @KlsInspirasiYGY, salah satu tweetnya memberikan link kmana saya harus mendaftar,,

entah bisikan malaikat darimana, saya begitu antusias pindah dari hp menuju leptop dan langsung buka web Kelas Inspirasi,, sekilas baca persyaratan, langsung saya mengisi formulirnya,, setelah merangkai-rangkai kata, dengan yakin saya pilih tombol 'daftar',, dan wow,, saya baru sadar baru saja melakukan hal besar,,

tapi sebenernya apa sih #KelasInspirasi ?,,

dengan mottonya "Berbagi Inspirasi Lewat Profesi", Kelas Inspirasi adalah kegiatan menginspirasi yang dilakukan para profesional di bidangnya kepada siswa-siswa SD dalam sehari,, Iya, dalam sehari secara serentak, para profesional ini masuk ke kelas-kelas untuk berbagi cerita pada para siswa tentang profesi mereka,, "Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka", Kelas Inspirasi. Trus, profesional di sini maksudnya adalah orang yang sudah lama bekerja di bidangnya minimal 2 tahun,, entah itu Koki, petinju, dosen, petani, manager, Public Relation, Pemadam kebakaran, bahkan petani sekalipun bisa,,
ini adalah tahun kedua Kelas Inspirasi diadakan, dan untuk tahun 2013 ini, Kelas inspirasi diadakan di 7 kota, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya,  Pekanbaru, dan menyusul Makassar.
Kelas Inspirasi ini adalah gagasan yang lahir dari para pengajar muda lulusan Indonesia Mengajar [yang dulu sempat ingin saya ikuti],, lebih lanjut tentang Kelas Inspirasi bisa dibaca di webnya,,

Lalu, saya mendaftar dengan profesi apa?, apakah saya sudah profesional?, yaaak,, itu pertanyaan yang muncul pertama kali, kedua kali, ketiga kali, dan entah ke berapa kali ketika saya minder ahahaha,,
baiklah,, saya mendaftarkan diri sebgai crafter,, iyess,, boleh deh kalo ada yang ketawa, saya juga merasa ingin ketawa,, berani sekali saya mengaku-aku sebagi crafter profesional,,
tapi no,, bukan itu [kali ini yang ngomong, saya yg lagi percaya diri] saya memang belum profesional, masih sangat belajar malah, tapi saya memberanikan diri untuk mendaftar, karena [ternyata] saya cinta mengajar, saya rindu mengajar, saya ingin berbagi mimpi, saya ingin berbagi bahwa sedangkal apapun pengetahuanmu akan sebuah hal, jika kamu mau, kamu yakin, kamu pasti akan bisa menguasainya,,
dan cita-cita itu memang tidak begitu saja kita ketahui dengan mudah, ada banyak jalannya,,
meyakinkan bukan niatan saya ehehehe,,

dan tiba hari yang ditunggu, 31 Januari adalah hari degdegan sedunia menurut saya,, pagi-pagi saya suda membuka web Kelas Inspirasi, ternyata pengumuman baru akan disampaikan lewat e-mail mulai pukul 19.00 - 22.00 OK,, saya mencoba tidak meng-kepo-i imel saya sampai waktu yg ditentukan hohoho,,
jam 8 malam, TL twitter suda mulai ramai dengan euforia para volunteer terpilih,, makin degdegan lah saya,, sekitar jam 9 lebih, teman saya yang di Jakarta suda dapat imel yang mengatakan beliau lolos,, jam 10 lewat,, kata teman saya imel bisa sampai jam 11,, OK saya masih mencoba bertahan di depan leptop, TL tetap heboh tweet dari #KelasInspirasi,, setengah 12 saya memutuskan pasrah dan mencoba tidur,, meski di tempat tidur saya masih setia membuka imel saya ahahaha,, akhirnya saya tidur dengan hati benar-benar pasrah,,

jam 5 pagi, 1 Februari 2013, saya bangun dan bermaksud mematikan alarm hp lalu mendapati logo imel di pojok layar, karna suda lebih dari jam pengumuman, saya berpikir bahwa ini adalah pemberitahuan bahwa saya belum lolos,, begitu dibuka, alhamdulillah saya TERPILIH,, aaaaaaaak,, saya baca ulang, TERPILIH,, aaaaaaaaaaak,, saya bangunkan suami, saya bilang saya TERPILIH,, aaaaaaaaaaak,,
OK, stay cool,, bangun pagi ini rasanya jadi lebih berbeda ehehe,,
begitu luang, saya langsung watsap kakak dan adik, sms Ibu, minta doa restu ihihihi,, masih tidak percaya saya TERPILIH [ok, cukup capslock-nya] tentu saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini,,

jadi saya terpilih jadi Pengajar Sehari bersama 119 volunteer yang lain untuk mendatangi salah satu dari 10 SD di Yogyakarta tanggal 20 Februari 2013 nanti.

Sejak hari itu sampai sekarang, saya terus berpikir akan melakukan apa nanti,, apa yang akan saya sampaikan,, bagaimana caranya bercerita,, karna pasti akan berbeda dari mengajar biasanya,, alhamdulillah dibantu suami, beberapa ide mulai bermunculan,, tinggal menunggu briefing, apakah ide saya cocok untuk diterapkan di sekolah dimana saya ditempatkan,, semoga lancar,, saya mohon doa restu semua yang baca postingan saya ini,, ehehehe,, makasii,,

Entahlah, saya merasa ini benar-benar anugrah, Tuhan suda mengaturnya, saya sempat ingin ikut Indonesia Mengajar, saya berhenti mengajar, pindah ke Yogya, saya menekuni craft, saya rindu mengajar, saya tertarik Kelas Inspirasi, perpanjangan pendaftaran Yogya disaat kota lain sudah ditutup, saya mendaftar, saya terpilih. Semua seperti terasa kebetulan.
Dan meski kegiatan ini hanya sehari, tapi pasti saya tidak akan melupakannya seumur hidup,,

semangaaaaaaat!!!!

"Langkah menjadi panutan. Ujar menjadi pengetahuan. Pengalaman menjadi inspirasi." - Kelas Inspirasi

bersambung ke sini

8 komentar:

  1. wuiiihh ikut seneng Rie bacanya, selamat yo... akhirnya kekangenan mengajar bisa terwujud dengan cara lain. Ditunggu postingan ceritanya tanggal 20 Februari nanti...Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaaaaa,, Ifha,, makasii ya,, doakan lancar, Fha :)
      semangat jg buat kamu !!

      Hapus
  2. Balasan
    1. makasii, Risa,, Risa jadi daftar yang di Solo?

      Hapus
  3. Salam kenal! Saya juga peserta Kelas Inspirasi ke-2 untuk kota Jakarta. Mudah2an kita dapat pengalaman berharga dan bisa berbagi inspirasi dari program ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal jg, mbak Anne,,
      selamat ya terpilih sebagai Pengajar Sehari yg sangat menginspirasi :)
      iya, smoga kita saling berbagi pengalaman,,
      oya, mbak di kelompok brapa?, teman saya ada yg di kelompok 52 :)

      Hapus
  4. Waaaah selamat ya mbaakk...ikut seneng..!
    Saya juga ingin sekali ikutaan,,,tapi palembang ngga termasuk kota yang terpilih..hehee..
    Semangaatt!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasii, mbak Nurul :)
      bisa ikut di kota lain kok, mbak,,
      smangat jg buat mbak Nurul ya,, smoga tahun depan KI ada di Palembang :)

      Hapus

setelah baca, jangan lupa kritik dan saran ya,, senang membaca komentarmu :)